Wisata Kebun Teh Jamus Ngawi

DSC_0064

Kebun Teh Jamus merupakan perkebunan teh peninggalan penjajah Belanda, terletak di Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, termasuk lereng Gunung Lawu.Konon memiliki pemandangan yang indah, cocok untuk refreshing melepas penat di akhir pekan.

Dari Madiun dengan sedikit informasi dari seorang kawan, saya mengambil jalur Pabrik Gula Sudhono yang berada di dekat Stasiun Geneng, Ngawi. Hanya karena jalan yang makin kecil, insting menyuruh saya untuk bertanya kepada penduduk yang sedang berkumpul di depan sebuah warung. Mereka cukup familiar dengan Kebun Teh Jamus, hanya saja untuk menunjukkan arah yang benar mereka harus berdebat sendiri diantara mereka.

Ada yang mengarahkan saya lewat Kota Ngawi, karena jalur lebih mudah tapi langsung dibantah yang lain, mengatakan bahwa itu terlalu jauh, masih lebih dekat lewat jalur ini. Akhirnya saya mengambil salah satu jalur yang disarankan oleh salah satu ibu itu, dengan alasan jalur yang ditawarkan masih sesuai dengan jalur yang dipilih GPS saya.

Kalau dari Madiun, ambil jalur Paron-Jogorogo kemudian sampai Jogorogo, ambil jalur di Kecamatan Sine. Sesampainya di Sine terdapat penunjuk arah ke Kebun Teh Jamus.

Akses jalan masuk ke lokasi, hanyalah sebuah jalan aspal kecil yang hanya bisa dilewati satu mobil, apabila berpapasan salah satu harus miinggir dan berhenti. Tapi terbayar dengan pemandangan yang elok menyegarkan mata.

DSC_0119

 

DSC_0124

 

Di Pos Penjagaan, kita harus membayar tiket masuk senilai Rp. 8000,- per orang. Gratis satu pack Teh Jamus. Hanya saja waktu saya tanya di kebun teh, ternyata Teh gratis tersebut langsung diperoleh bersama tiket di loket. Berarti saya nggak diberikan alias diambil penjaganya. Ya sudahlah…

Di perhentian pertama, di lokasi Pabrik Teh, merupakan lokasi yang cukup asri dan rindang, tempat parkir mobil dan motor dan terdapat gardu pandang. Sejauh mata memandang hanyalah kebun teh.

DSC_0028
Pabrik Teh

 

DSC_0084
Lereng Gunung Lawu

Lokasi ini sebenarnya merupakan perhentian saja karena sebenarnya masih terdapat lokasi akhir wisata yang lebih komplit, termasuk terdapat kolam renang dan sumber air.

Dari lokasi Pabrik Teh di perhentian pertama, silahkan naik lagi dengan menelusuri jalanan sempit, hati-hati karena disampingnya adalah jurang dan tebing. Untuk Mobil, harus berhenti salah satu apabila berpapasan.

Di Lokasi ini, terdapat tempat parkir yang cukup luas dan beberapa kios penjual makanan dan teh. Apabila ingin melihat pemandangan dari atas, silahkan naik ke bukit kecil yang diselimuti lebatnya dedaunan teh.

Berikut ini bebrapa view dari atas bukit:

 

DSC_0034

DSC_0057

BonusΒ  πŸ˜€

DSC_0067

Selain itu di kompleks kolam renang terdapat sumber mata air yang namanya Sumber Lanang. Mengalirkan air yang sangat segar dan murni.

 

DSC_0105

Saya mencoba dengan speed lambat agar mendapatkan aliran air yang lembut, tanpa tripod, hasilnya mohon dimaklumi :-p

DSC_0101

DSC_0112

Demikian travelling saya dan keluarga kali ini di Kebun Teh Jamus, Kabupaten Ngawi.

twitter@denbei10

This entry was posted in TRAVELING. Bookmark the permalink.

18 Responses to Wisata Kebun Teh Jamus Ngawi

  1. Jadi kepengen main ke kebun teh. Lari-Larian disitu, tempatnya masih asri

  2. Keren cerita perjalanannya, cuma miris juga tentang tempat tiket itu yang harusnya memberi tapi malah gak. Atau mungkin orangnya lupa yah atau saat itu stocknya habis. Kunjungan perdana, jadi bingung mau manggill mba atau mas πŸ™‚

  3. Risnanda says:

    adakah yang mempunyai CP pabrik tehnya ?

  4. Sari says:

    Ada kendaraan umum ngga ya yg kesana?

  5. Monggo mampir mas,mbak. . .seru

  6. rendi cp says:

    Kebun teh jamus tempatya emang indah banget,klo dah sampe keatas rasanya malas untk turun,akan tetapi jalanya yg kurang lebar klo kita pake mobil berpapasan salah satu harus ada yg berhenti,mungkin harus kstra hati” klo bawa mobil.aku dari cepu jawa tengah perjalanan 2jam udah sampe atas,oh ya Al satu lagi klo diatas jangan lupa selvi.

    • denbei says:

      kalo bawa mobil hati-hati, harus sopir dengan jam terbang tinggi, jalannya sempit dan tebing curam. apalagi kalau musim hujan

  7. rendi cp says:

    kebun teh jamus ngawi sayangya klo dah diatas g ada sinyal,sama sekali Al.mungkin itu yg perlu diperhatikan sama pengelola wisata kebun teh jamus.

    • denbei says:

      waaah, saya dulu nggak sempat cek sinyal. karena sibuk foto-foto. btw idenya sangat bagus buat kemajuan wisata ngawi.

  8. asmanungcholida@gmail.com says:

    Kalo pake bis gmn ya gan??

  9. restu winda sari says:

    baca ini cuma karena liat mantan post photo ditempat tersebut.. heuheuu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *